Kota Depok Peringati Hari Diabetes Nasional


Dalam rangka memperingati Hari Diabetes se-Dunia, Persatuan Diabetes Indonesia (Persadia) mengajak masyarakat di Kota Depok untuk mencegah penyakit diabetes. 

Ajakan tersebut dilakukan dengan senam bersama di Lapangan Balaikota Depok, Minggu (23/11/2013).


“Dengan mengikuti senam yang kami adakan, bagi para penderita diabetes maka gula berlebih pada tubuhnya akan terbakar. Sedangkan yang belum menderita diabetes, akan mencegah penyakit tersebut,” tutur Ketua Nasional Pandu Diabetes Epie Suryono.

Epie mengatakan bahwa ada beberapa faktor seseorang dapat mengidap penyakit diabetes. Faktor tersebut diantaranya gen, gaya hidup yang tidak teratur (obesitas), dan wanita yang pernah melahirkan bayi lebih dari 4 kg. Namun, hal tersebut dapat dicegah dengan gaya hidup dan pola makan.

Peserta yang mengikuti senam sebanyak 600 orang. Mereka merupakan anggota Persadia Kota Depok yang terdiri dari 23 unit dan tidak semuanya memiliki penyakit diabetes. Menurut data Persadia, penderita diabetes di Indonesia saat ini mencapai 7,6 juta jiwa. Indonesia masuk urutan ke empat di dunia dalam jumlah penderita diabetes.

“Dengan banyaknya penderita diabetes, kita sebagai warga yang sehat harus tetap menjaga pola makan, karena penyakit tersebut sulit untuk disembuhkan,” ucap Wali Kota Depok H. Nur Mahmudi Isma’il.

Pola makan yang baik untuk penderita diabetes harus memperhatikan jadwal, jenis, dan jumlahnya (jajeju). Jadwal makan sebanyak enam kali, pada jam 7 pagi, 10 pagi, 12 siang, 4 sore, 7 malam, dan 9 malam. Jenis makanannya harus sesuai pola pangan harapan dan jumlahnya tidak berlebihan.

Nur menambahkan bagi penderita diabetes memang tidak bisa disembuhkan. “Penderita diabet sampai saat ini belum ada yang sembuh. Namun mereka dapat mencegahnya dengan pola makan yang baik. Tidak ada tindakan lain, yaitu dengan mengubah karbohidratnya dengan yang lebih rendah,” tutup orang nomor satu di Kota Belimbing ini. (andes)

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh Berita Depok pada 19.46. dan Dikategorikan pada , . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas
Pulau Seribu

PENYEWAAN MOBIL AMBULANCE

PENYEWAAN MOBIL AMBULANCE

Pengunjung Online

2010 Berita Depok. All Rights Reserved. - Designed by Berita Depok